Saturday 8 February 2014

Hari METTA dan Hari VALENTINE

Dalam Agama Buddha Metta ( Hari Cinta Kasih ) di rayakan Pada 1 Januari.
Umumnya Umat Buddha Merayakan dengan Cara Fang shen ( Melepas Satwa seperti burung,Ikan,atau pun hewan2 jinak lainnya ). 
Makna dari fang shen sebenarnya adalah melepas kan hewan-hewan agar mereka merasakan kebebasan sebagaimana seharusnya.
Setiap hari sebenarnya kita dapat melaksanakan fang shen namun di zaman modern  ini manusia kurang dapat memancarkan cinta kasih kepada hewan-hewan. 
karna mereka beranggapan bahwa hewan di ciptakan untuk di makan.pada sehari-hari kita mengonsumsi ayam,babi,ikan,udang,dll namun semakin lama manusia memakan semua jenis hewan seperti monyet,rusa,ular,harimau.
bagi mereka memakan satwa seperti itu adalah suatu kehebatan. 
Namun Apakah menurut saudara-saudari hal itu adalah suatu kewajaran???

Dalam Buddhis Kita di ajarkan mengembangkan cinta kasih universal,cinta kasih tanpa batas kepada semua makhluk.
Semua Makhluk Hidup berhak atas kebebasannya. Berhak atas Nyawa nya. 
Tidak ada istilah bahwa sesuatu makhluk di ciptakan untuk di sakiti,di bunuh,di aniyaya demi kepentingan pribadi.
Melatih diri untuk tidak membunuh makhluk hidup untuk kepuasan diri sendiri adalah suatu karma baik yang dapat di lakukan.
bukan berarti kami menyarankan semua orang untuk bervegetarian namun setidaknya kurangi lah mengkonsumsi daging-dagingan.
Satu orang mengurangi sedikit konsumsi daging jika seluruh orang di dunia mengurangi konsumsi daging maka banyak hewan yang dapat terselamatkan.


METTA (CINTA KASIH)..


Hari Valentine di rayakan pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya.
Valentine yaitu hari kasih sayang.umumnya hari valentine di rayakan untuk muda-mudi yang berpacaran.
Sesungguhnya menurut pandangan BUDDHIS Setiap hari adalah hari valentine .setiap hari seharusnya kita mencintai,menyayangi,mengasihi pasangan kita. pasang dalam hidup kita bukan hanya pacar kita namun keluarga,rekan kerja,teman2 baik,dll..semua orang adalah pasangan kita.karna dalam hidup kita berkerja sama satu sama lain.
Merayakan Valentine dengan cara mengunjungi panti asuhan(menyantuni anak2 kurang beruntung agar mereka merasa juga bahwa mereka di kasihi begitu banyak orang),Panti jompo(Agar orang-orang yang sudah berusia lanjut dapat merasakan bahwa mereka ada yang masih mencintai mereka),atau go green bersama orang-orang terkasih(menikmati kebersamaan sekaligus mencintai alam)
Cara-cara ini sesungguh nya indah untuk di laksanakan namun semua kembali kepada kita. 
Apakah kita mau melaksanakan sesuatu yang biasa biasa aja atau sesuatu yang LUAR BIASA ?? 


Menurut padangan saya Hari METTA dan Hari VALENTINE bertujuan sama yaitu Cinta kasih,Kasih sayang. So,Do you want to do Extraordinary thing on your Valentine? lets do it for all sentient beings..


Love,



PMVBP

No comments:

Post a Comment